PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IVSD NEGERI BARRANG CADDI KOTA MAKASSAR

SUJI (2023) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IVSD NEGERI BARRANG CADDI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (50kB)
[img] Text
daftar isi.docx

Download (79kB)
[img] Text
isi.docx

Download (208kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP SUJI.docx

Download (46kB)

Abstract

SUJI. 2016. Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SD Negeri Barrang Caddi Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Bapak Drs. Latri, S.Pd, M.Pd. dan Ibu Dra.St.Nursiah.B.,M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri Barrang Caddi Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri Barrang Caddi Kota Makassar. Manfaat penelitian ini terdiri atas dua manfaat yaitu; manfaat teoritis dan manfaat praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun fokus penelitian ini terbagi dua yaitu: fokus pada proses dan fokus pada hasil belajar siswa. Setting penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Barrang Caddi Kota Makassar, dengan subjek penelitian 28 orang siswa, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini dirancang dengan 4 tahap tindakan (perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi). Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis hasil observasi aktivitas mangajar siswa siklus I yaitu berkategori cukup (C), dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan kategori sangat baik (SB). Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa tidak terlepas dari kerjasama guru dan peneliti dalam menerapkan metode bermain peran (role playing) dan peningkatan presentase aktifitas pembelajaran siswa yang aktif pada setiap pertemuan dan siklusnya. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode bermain peran (role playing) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri Barrang Caddi Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:42
Last Modified: 21 Nov 2023 02:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34691

Actions (login required)

View Item View Item