PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN BARRANG CADDI KECAMATAN UJUNG TANAH KOTA MAKASSAR

ASRIANTI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN BARRANG CADDI KECAMATAN UJUNG TANAH KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul depan perbaikan.docx

Download (26kB)
[img] Text
MOTO.docx

Download (25kB)
[img] Text
PERN.KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (47kB)
[img] Text
PRAKATA 1.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR ISI 1.docx

Download (18kB)
[img] Text
SKRIPSI terbaru.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (44kB)

Abstract

ASRIANTI, 2015. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Barrang Caddi Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs.Latri.,S.Pd.,M.Pd dan Dra.St.Nursiah.,B.M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Barrang Caddi Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Barrang Caddi Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar? Tujuan penelitian yaitu untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Barrang Caddi Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian terdiri dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dan peningkatan hasil belajar IPA. Setting penelitian bertempat di SDN Barrang Caddi Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar dengan subjek penelitian adalah 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:13
Last Modified: 21 Nov 2023 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34689

Actions (login required)

View Item View Item