PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NO. 62 MAWANG KABUPATEN BANTAENG

RAHMAWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NO. 62 MAWANG KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
daftar isi.docx

Download (55kB)

Abstract

Rahmawati, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV SD Negeri No. 62 Mawang Kab. Bantaeng. Skripsi Dibimbing oleh Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si dan Farida Febrianti, S.Si., M.Si Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FakultasIlmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD Negeri No. 62 Mawang Kabupaten Bantaeng. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD Negeri No. 62 Mawang Kabupaten Bantaeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari Penerapan Model pembelajaran Snowball Throwing dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa . Setting penelitian bertempat di SD Negeri No. 62 Mawang Kabupaten Bantaeng dengan subjek penelitian yang terdiri Guru/Wali Kelas IV dan Siswa Kelas IV yang berjumlah 20 orang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes evaluasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan deskriptif kualitatif. Hasil observasi siswa dan guru pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori Sangat baik pada hasil observasi Guru dan kategori baik pada hasil observasi Siswa. Dari segi belajar siswa setiap siklus yaitu pada siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum dan berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan karena telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum dan dikategorikan Baik. Selain itu, nilai hasil tes yang dilakukan setiap akhir siklus yaitu pada siklus I dikategorikan belum tuntas sedangkan pada siklus II dikategorikan tuntas. Jadi Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn kelas IV SD Negeri No.62 Mawang Kabupaten Bantaeng

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:29
Last Modified: 21 Nov 2023 01:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34685

Actions (login required)

View Item View Item