PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD INPRES PERUMNAS KOTA MAKASSAR

Megawati Alwy. (2023) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD INPRES PERUMNAS KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul utama.docx

Download (18kB)
[img] Text
Halaman sampul kedua.docx

Download (44kB)
[img] Text
file skripsi bu mega.docx

Download (1MB)

Abstract

Megawati Alwy. 2016. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Inpres Perumnas Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Djohara Nonci, M.Si dan Hamzah Pagarra, S.Kom,. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III SD Inpres Perumnas Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Contexstual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III SD Inpres Perumnas Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan hasil belajar siswa. Setting penelitian ini bertempat di kelas III SD Inpres Perumnas Kota Makassar dengan subyek penelitian sebanyak 25 siswa, 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai guru yang mengajar dan guru bertindak sebagai observer serta memberikan petunjuk kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Adapun hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori kurang (K) sedangkan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik (B). Kesimpulannya adalah bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III SD Inpres Perumnas Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:30
Last Modified: 20 Nov 2023 02:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34679

Actions (login required)

View Item View Item