PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 27 MATEKKO KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA

AKHMAD RIYAD (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 27 MATEKKO KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
sampul utama.docx

Download (18kB)
[img] Text
halaman sampul kedua asli.docx

Download (50kB)
[img] Text
file skripsi ahmad riyat.docx

Download (2MB)

Abstract

Akhmad Riyad. 2016. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 27 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Djohara Nonci, M.Si dan Hj. Nurhaedah, S.Pd, M.Hum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 27 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai guru yang mengajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II pertemuan I berada pada kategori baik (B). Adapun hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori kurang (K) sedangkan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 27 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:12
Last Modified: 17 Nov 2023 07:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34671

Actions (login required)

View Item View Item