PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SD INPRES PAMPANG II KOTA MAKASSAR

AMRUL AZIZ (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SD INPRES PAMPANG II KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul utama.docx

Download (17kB)
[img] Text
Halaman sampul kedua.docx

Download (40kB)
[img] Text
file skripsi asli amrul.docx

Download (1MB)

Abstract

Amrul Aziz. 2016. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD Inpres Pampang II Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Djohara Nonci, M.Si dan Hamzah Pagarra, S.Kom,. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis karangan deskriptif siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penerapan pendekatan keterampilan proses kelas VI SD Inpres Pampang II Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan keterampilan proses dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VI SD Inpres Pampang II Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penerapan pendekatan keterampilan proses kelas VI SD Inpres Pampang II Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah pendekatan kemampuan proses dan kemampuan menulis karangan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil kemampuan menulis karangan deskriptif siswa berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil kemampuan menulis karangan deskriptif siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VI SD Inpres Pampang II Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:27
Last Modified: 17 Nov 2023 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34668

Actions (login required)

View Item View Item