EKA ZULKARNAIN (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES NO 200 BONTOSUNGGU KABUPATEN JENEPONTO.
Text
sampul utama.docx Download (18kB) |
|
Text
Halaman sampul kedua.docx Download (43kB) |
|
Text
file asli terbaru skripsi eka.docx Download (2MB) |
|
Text
perbaikan koreksian hasil eka.docx Download (37kB) |
Abstract
Eka Zulkarnain. 2016. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres No 200 Bontosunggu Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Djohara Nonci, M.Si dan Hamzah Pagarra, S.Kom,. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan pendekatan keterampilan proses dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres No 200 Bontosunggu Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan pendekatan keterampilan proses kelas IV SD Inpres No 200 Bontosunggu Kabupaten Jeneponto. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai guru yang menganjar dan guru kelas IV bertindak sebagai observer. Setting penelitian ini bertempat di SD Inpres No 200 Bontosunggu Kabupaten Jeneponto dan subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 20 orang, 10 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dari segi proses hasil observasi mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup (C) dan siklus II dikategorikan baik (B) sedangkan hasil observasi belajar siswa siklus I dikategorikan kurang (K) dan siklus II baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres No 200 Bontosunggu Kabupaten Jeneponto.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 06:22 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 06:22 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34667 |
Actions (login required)
View Item |