PENERAPAN MEDIA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN. NO. 134 KALUMPANG KECAMATAN BONTOTIRO KABUPATEN BULUKUMBA

AGUSNIAR (2023) PENERAPAN MEDIA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN. NO. 134 KALUMPANG KECAMATAN BONTOTIRO KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
SAMPUL AGUSNIAR.docx

Download (131kB)
[img] Text
AGUSNIAR.docx

Download (1MB)
[img] Text
foto agusniar.docx

Download (1MB)

Abstract

Agusniar. 2015. Penerapan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SDN. No. 134 Kalumpang Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Amrah, S.Pd., M.Pd dan Nurhaedah, S.Pd., M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan media kartu bilangan di kelas IV SDN No. 134 Kalumpang Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan penggunaan media kartu bilangan dalam menigkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SDN No. 134 Kalumpang Bulukumbang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Focus penelitian ini adalah penerapan menggunakan media kartu bilangan dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator atau guru yang mengajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif akumulatif. Hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II pertemuan I berada pada kategori Baik (B). adapun hasil observai siswa pada mata pelajaran matematika berada pada kategori cukup (c) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori (B) baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan menggunakan media Kartu Bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN No. 134 Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:11
Last Modified: 17 Nov 2023 06:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34666

Actions (login required)

View Item View Item