PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADASISWA KELAS IV SD INPRES MALLENGKERI BERTINGKAT I MAKASSAR

MUH. INAYAH. AM (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADASISWA KELAS IV SD INPRES MALLENGKERI BERTINGKAT I MAKASSAR.

[img] Text
DAFTAR ISI.rtf

Download (113kB)
[img] Text
bagian awal1.rtf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi1.rtf

Download (9MB)

Abstract

Muh. Inayah. AM, 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Mallengkeri Bertingkat I Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd. dan Dr. Hasaruddin Hafid, M.Ed. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Inpres Mallengkeri Bertingkat I Makassar. Berdasarkan masalah tersebut, rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pendekatan pembelajaran kontekstual, dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Mallengkeri Bertingkat I Makassar?. Sesuai rumusan masalah tersebut, maka hipotesis tindakan penelitian ini adalah jika dalam proses pembelajaran digunakan pendekatan pembelajaran kontekstual, maka hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Mallengkeri Bertingkat I Makassar dapat ditingkatkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain deskriptif-kualitatif. Fokus penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran kontekstual dan hasil belajar matematika. Sasaran dan subjek penelitian ini adalah 33 orang siswa dan guru kelas IV SD Inpres Mallengkeri Bertingkat I Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif (rata-rata dan presentase). Analisis data proses pembelajaran ditujukan kepada tingkat keterlaksanaan langkah-langkah kegiatan mengajar guru dan langkah-langkah kegiatan belajar siswa pada siklus I dan II, sementara analisis data hasil belajar ditujukan kepada tingkat ketercapaian kriteria ketuntasan belajar oleh siswa secara individual dan klasifikasi tingkat pencapaian siswa secara keseluruhan pada siklus I dan II. Berdasarkan hasil analis data tersebut, disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan langkah-langkah pembelajaran yang mengakomodasi ketujuh komponen utama pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Mallengkeri Bertingkat I Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:35
Last Modified: 17 Nov 2023 02:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34664

Actions (login required)

View Item View Item