PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADASISWA KELAS IV SD INPRES KAMPUS IKIP KOTA MAKASSAR

ANDRIYA PUSPA DEWI AE (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADASISWA KELAS IV SD INPRES KAMPUS IKIP KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SampulOK 1.rtf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (29kB)
[img] Text
ptk perbaikan.docx

Download (216kB)

Abstract

Andriya Puspa Dewi AE, 2014, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Inpres Kampus IKIP Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd. dan Dr. Hasaruddin Hafid, M.Ed. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Kampus IKIP Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Kampus IKIP Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain deskriptif dan fokus penelitian ini 1)Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, dan 2) hasil belajar siswa kelas. Setting penelitian ini di SD Inpres Kampus IKIP Kota Makassar. Subyek penelitian guru dan siswa kelas IV SD Inpres Kampus IKIP Kota Makassar. Teknik pengumpulan datanya terdiri dari observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, dilihat pada siklus I berada pada kategori rendah sedangkan siklus II berada pada kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 07:31
Last Modified: 16 Nov 2023 07:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34662

Actions (login required)

View Item View Item