PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD INPRES JAPING KECAMATAN PATTALLASANG KABUPATEN GOWA

HARDIANI (2023) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD INPRES JAPING KECAMATAN PATTALLASANG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
sampul depan Hanny.docx

Download (19kB)
[img] Text
Halaman depan.docx

Download (41kB)
[img] Text
SKRIPSI JADI HANNY.docx

Download (142kB)
[img] Text
19. DATA DESKRIPSI FREKUENSI SIKLUS II - Copy.docx

Download (27kB)
[img] Text
20. DATA DESKRIPSI KTUNTASAN SIKLUS II.docx

Download (27kB)
[img] Text
21. DATA PERBANDINGAN NILAI TES AKHIR SIKLUS I DAN II.docx

Download (30kB)
[img] Text
22. DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
Daftar riwayat hidup.docx

Download (39kB)

Abstract

HARDIANI. 2014. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Japing Kecamatan Pattallasang Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed dan Muhammad Irfan, S.Pd, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan model cooperative learning tipe Group Investigation dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Inpres japing kecamatan pattallasang kabupaten gowa, (2) apakah melalui penerapan model cooperative learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres japing kecamatan pattallasang kabupaten gowa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV dalam penerapan model cooperative learning tipe Group Investigation pada bidang studi ilmu pengetahuan sosial di SD Inpres japing kecamatan pattallasang kabupaten gowa, (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model cooperative learning tipe Group Investigation pada bidang studi ilmu pengetahuan sosial di SD Inpres japing kecamatan pattallasang kabupaten gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini difokuskan pada dua aspek yaitu (1) penerapan model cooperative learning tipe Group Investigation. 2) hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik sekali. Hasil observasi siswa pada siklus I berada pada kategori kurang dan siklus II berada pada kategori baik sekali. Hasil tes akhir siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Berdasarlan hasil observasi guru siklus I dan II, hasil observasi siswa siklus I dan II, hasil tes akhir siklus I dan II, maka penggunaan model cooperative learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Japing Kecamatan Pattallasang Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 07:20
Last Modified: 16 Nov 2023 07:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34661

Actions (login required)

View Item View Item