PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 10 MURANTE KABUPATEN LUWU

ANNISA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 10 MURANTE KABUPATEN LUWU.

[img] Text
HALAMAN DEPAN (print 2).docx

Download (51kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING nisa.docx

Download (108kB)
[img] Text
Skripsi Hampir Jadi 3.docx

Download (3MB)

Abstract

Annisa, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 10 Murante Kabupaten Luwu. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed dan Muhammad Irfan, S.Pd., M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 10 Murante Kabupaten Luwu? (2) Apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 10 Murante Kabupaten Luwu? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas V dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 10 Murante Kabupaten Luwu, (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran IPS di SDN 10 Murante Kabupaten Luwu. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 16 siswa kelas V SDN 10 Murante Kabupaten Luwu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) pengamatan/observasi; dan (4) refleksi. Fokus penelitian ini difokuskan pada dua aspek yaitu (1) Penerapan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam peningkatan aktifitas belajar IPS siswa kelas V SDN 10 Murante Kabupaten Luwu, (2) Hasil belajar siswa kelas V SDN 10 Murante Kabupaten Luwu pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik sekali. Hasil observasi siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik sekali. Hasil tes akhir siklus I berada pada kategori kurang dan tidak tuntas dan pada siklus II berada pada kategori baik dan tuntas. Berdasarkan hasil observasi guru siklus I dan II, hasil observasi siswa siklus I dan II, hasil tes akhir siklus I dan II, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 10 Murante Kabupaten Luwu.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 07:02
Last Modified: 16 Nov 2023 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34660

Actions (login required)

View Item View Item