PENERAPAN MEDIA ANIMASI AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 36 BONTOSUNGGU KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA

MUTEMAINNAH (2023) PENERAPAN MEDIA ANIMASI AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 36 BONTOSUNGGU KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (105kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (4MB)

Abstract

Mutemiannah, 2014. Penerapan Media Animasi Audiovisual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 36 Bontosunggu Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Dibimbing oleh Dra.Hj.Nurhaedah, M.Si. dan Dr. Suarlin, S.Pd., M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah keterampilan menyimak siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa Indonesia rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah penerapan media animasi audiovisual dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa di kelas V SDN 36 Bontosunggu Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media animasi audiovisual dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa di kelas V SDN 36 Bontosunggu Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan media animasi audiovisual dan keterampilan menyimak siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 36 Bontosunggu Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba yang berjumlah 17 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I berada pada kategori cukup karena guru belum maksimal dalam melaksanakan langkah-langkah penerapan media animasi audiovisual dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik karena dalam proses pembelajaran guru telah melaksanakan langkah-langkah penerapan media animasi audiovisual sesuai yang diharapkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media animasi audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 36 Bontosunggu Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:51
Last Modified: 16 Nov 2023 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34658

Actions (login required)

View Item View Item