PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IVA SD INPRES RAPPOCINI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

MEGA SAPUTRI R (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IVA SD INPRES RAPPOCINI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
BAGIAN AWAL SKRIPSI.docx

Download (109kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (140kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.docx

Download (1MB)

Abstract

Mega Saputri R. 2014. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IVA SD Inpres Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh: Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd dan Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar siswa kelas IVA pada mata pelajaran matematika di SD Inpres Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimanakah penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IVA SD Inpres Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IVA SD Inpres Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian yakni 1) penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada mata pelajaran matematika dengan memberikan contoh yang sesuai dengan kehidupan nyata siswa dan memanfaatkan hal-hal yang ada di sekitar siswa sebagai media pembelajaran, 2) Hasil belajar matematika siswa yang diperoleh dari hasil tes setiap akhir pembelajaran. Subjek penelitian yakni guru dan 29 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I masih menunjukkan kategori cukup dan siklus II meningkat dengan kategori sangat baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Dengan demikian penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IVA SD Inpres Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:12
Last Modified: 16 Nov 2023 06:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34652

Actions (login required)

View Item View Item