PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 21 BULUKUNYI KABUPATEN TAKALAR

NURAENI (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 21 BULUKUNYI KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (141kB)
[img] Text
ISI BAB I-V.docx

Download (159kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (47kB)

Abstract

Nuraeni,2014.Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada siswa Kelas V SD NegeriNo. 21 Bulukunyi Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Amir, M.Pd. dan Hikmawati Usman, S.Pd,M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri No.21 Bulukunyi Kabupaten Takalar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri No. 21 Bulukunyi Kabupaten Takalar? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas V SD Negeri No.21 Bulukunyi Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan pembelajaran matematika realistik dan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri No.21 Bulukunyi Kabupaten Takalar dengan jumlah siswa22 orang.Rancangan tindakan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa.Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus dengan hasil belajar matematika pada Siklus I berada pada kategori cukup, dan pada Siklus II hasil belajar siswa berada pada ketegori sangat baik.Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Dan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori sangat baik.Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri No. 21 Bulukunyi Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 05:38
Last Modified: 16 Nov 2023 05:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34643

Actions (login required)

View Item View Item