PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A-MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

MARTINA. R (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A-MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (81kB)
[img] Text
SKRIPSI TIINTOON.docx

Download (107kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (50kB)

Abstract

MARTINA. R, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A-Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi, dibimbing oleh Dra. Hj. Johara Nonci, M.Si. dan Widya Karmila Sari A, S.Pd., M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A-Match untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran matematika di Kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A-Match untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran matematika di Kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan murid kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah murid 18 orang. Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Make A-Match dan hasil belajar murid. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar murid pada mata pelajaran matematika dimana pada siklus I diperoleh nilai hasil belajar murid berada pada kategori kurang, pada siklus II diperoleh nilai hasil belajar murid sudah berada pada kategori baik dan kriteria ketuntasan minimal murid sudah tercapai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar murid pada mata pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A-Match pada murid kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 03:33
Last Modified: 16 Nov 2023 03:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34642

Actions (login required)

View Item View Item