PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD 263 AWANG TANGKA KECAMATAN KAJUARA KABUPATEN BONE

MARINI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD 263 AWANG TANGKA KECAMATAN KAJUARA KABUPATEN BONE.

[img] Text
HAL SAMPUL KE 2.docx

Download (101kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (6MB)

Abstract

Marini. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD 263 Awang Tangka Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhaedah, M.Si dan Dr. Suarlin, S.Pd, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikelasV. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikelas V. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dikelas V dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I berada pada kategori baik (B) karena dalam proses pembelajaran guru belum maksimal dalam menjalankan langkah-langkah Numbered Head Together (NHT) dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik (SB) karena dalam proses pembelajaran guru melaksanakan langkah-langkah Numbered Head Together (NHT) sesuai yang diharapkan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikelas V SD 263 Awang Tangka Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 03:25
Last Modified: 16 Nov 2023 03:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34640

Actions (login required)

View Item View Item