PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUALTEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KELAS IV SD INPRES PERUMNAS I KOTA MAKASSAR

S A T R I A (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUALTEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KELAS IV SD INPRES PERUMNAS I KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (22kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (71kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (4MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (41kB)

Abstract

SATRIA. 2014. Peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada murid kelas IV SD Inpres Perumnas I Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M.Kes dan Dra. Hj. Yaba, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada murid kelas IV SD Inpres Perumnas I Kota Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada murid kelas IV SD Inpres Perumnas I Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah: 1) Penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL), 2) Hasil belajar matematika. Subjek penelitian adalah guru dan Murid kelas IV SD Inpres Perumnas I Makassar. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian bahwa: Pada siklus I proses pembelajaran guru berada pada kategori cukup dan belajar siswa berada pada kategori cukup serta hasil belajar siswa berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II proses pembelajaran guru berada pada kategori baik dan belajar siswa berada pada kategori baik serta hasil belajar siswa berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada murid kelas IV SD Inpres Perumnas I Kota Makassar meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:56
Last Modified: 16 Nov 2023 02:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34636

Actions (login required)

View Item View Item