PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS SDN MELAYU 25 MAKASSAR

HASTITA TAHIR (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS SDN MELAYU 25 MAKASSAR.

[img] Text
halaman depan.docx

Download (128kB)
[img] Text
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas .doc

Download (2MB)

Abstract

Hastita Tahir, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS SDN Melayu 25 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M.Kes. dan Drs. Muh. Faisal, M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada murid kelas V SD Negeri Melayu 25 Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada murid kelas V SD Negeri Melayu 25 Makassar?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada murid kelas V SD Negeri Melayu 25 Makassar, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian pada murid kelas V SD Negeri Melayu 25 Makassar, yang difokuskan pada dua aspek yaitu model pemebelajaran kooperatif tipe jigsaw dan hasil belajar. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan murid V SD Negeri Melayu 25 Makassar dengan jumlah murid 18 orang dengan materi Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I, dilihat dari segi observasi guru di kategorikan cukup sedangkan hasil observasi murid di kategorikan baik dan hasil belajar murid dikategorikan cukup dengan demikian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus ke II,dilihat dari segi observasi guru di kategorikan baik sedangkan hasil observasi murid di kategorikan baik dan hasil belajar murid dikategorikan baik sehingga ada peningkatan pada siklus II. Ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan murid maupun hasil belajar murid. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas V pada mata pelajaran IPS SDN Melayu 25 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:39
Last Modified: 16 Nov 2023 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34634

Actions (login required)

View Item View Item