PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 7 SALOTUNGO KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG

MARWAH SAJUANG (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 7 SALOTUNGO KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
1. Sampul skripsi.docx

Download (143kB)
[img] Text
2. Bab I - III.docx

Download (94kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (3MB)

Abstract

Marwah Sajuang, 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN 7 Salotungo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Widya Karmila Sari Achmad, S.Pd., M.Pd. dan Ahmad Syawaluddin, S.Kom, M.Pd. Program Studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 7 Salotungo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 7 Salotungo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 7 Salotungo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 7 Salotungo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 23 perempuan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa di mana pada siklus I tergolong baik (B) dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi sangat baik (SB). Peningkatan tersebut didukung oleh peningkatan aktivitas pembelajaran di siklus I yang tergolong baik (B) dan pada siklus II meningkat menjadi sangat baik (SB), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 7 Salotungo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:29
Last Modified: 16 Nov 2023 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34633

Actions (login required)

View Item View Item