PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORI, VISUAL, INTELECTUAL (SAVI) PADA MURID KELAS V SD INPRES JONGAYA KOTA MAKASSAR

HARMAWATI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORI, VISUAL, INTELECTUAL (SAVI) PADA MURID KELAS V SD INPRES JONGAYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (54kB)
[img] Text
pernyataan keaslian.docx

Download (31kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (810kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (43kB)

Abstract

HARMAWATI, 2013. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Penerapan Pendekatan Somatic, Auditori, Visual, Intelectual pada Murid kelas V SD Inpres Jongaya Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Wahira, M.Pd dan Dra.Hj. Nurhaedah, M.Si;Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya daya serap hasil belajar Bahasa Indonesia. Adapun rumusan masalah yaitu bagaimanakah penerapan pendekatan Somatic, Auditori, Visual, Intelectual (SAVI) dalam peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia pada murid kelas V SD Inpres jongaya Kota Makassar? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan pendekatan Somatic, Auditori, Visual, Intelectual (SAVI) dalam peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia pada murid kelas V SD Inpres jongaya Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penilitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan pendekatan Somatic, Auditori, Visual, Intelectual dan hasil belajar Bahasa Indonesia. Subjek penelitian adalah guru dan murid kelas V yang terdiri dari 22 orang murid laki-laki dan 12 orang murrid perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa aktivitas guru siklus I berada pada kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II. Aktivitas siswa siklus I pertemuan I berada pada kategori kurang, siklus I pertemuan II meningkat berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat berada pada kategori baik. Sedangkan hasil belajar menunjukkan dari siklus I berada pada kategori cukup dengan persentase ketuntasan secara klasikal 76,4% menjadi kategori baik pada siklus II dengan persentase ketuntasan secara kalsikal 88,2%. Dengan demikian, penerapan pendekatan Somatic, Auditori, Visual, Intelectual dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Inpres Jongaya Kota makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:04
Last Modified: 16 Nov 2023 02:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34631

Actions (login required)

View Item View Item