PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SD NEGERI HOMBES ARMED KABUPATEN GOWA

ROSMALA DEWI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SD NEGERI HOMBES ARMED KABUPATEN GOWA.

[img] Text
sampul.rtf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I Dewi.doc

Download (2MB)

Abstract

ROSMALA DEWI 2013. Peningkatan Hasil Belajar Murid Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Kelas V SD Negeri Hombes Armed Kabupaten Gowa. Skripsi dibimbing oleh Drs. Mappasoro S., M.Ed. dan Dra. Hj. Syamsiah D.,S.Pd.M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makasar. Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA melalui pendekatan pembelajaran kontekstual di kelas V SD Negeri Hombes Armed Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA melalui pendekatan pembelajaran kontekstual di kelas V SD Negeri Hombes Armed Kabupaten Gowa? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA melalui pembelajaran kontekstual di kelas V SD Negeri Hombes Armed Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Yang berdaur ulang dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Hombes Armed Kabupaten Gowa tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 21 orang murid dengan murid laki - laki 11 orang , sedangkan murid perempuan 10 orang. Fokus dalam penelitian ini yaitu penerapan pendekatan kontekstual dan hasil belajar IPA siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian siklus I nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa masuk pada kategori kurang, selanjutnya siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik, hal tersebut sebagai dampak dari meningkatnya aktifitas guru dan siswa. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkat hasil belajar IPA siswa kelas V Sd Negeri Hombes Arme

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 01:32
Last Modified: 16 Nov 2023 01:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34628

Actions (login required)

View Item View Item