PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MURID KELAS VSD NEGERI BARA-BARAYA II KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

SUSILAWATI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MURID KELAS VSD NEGERI BARA-BARAYA II KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
proposal susi (siap print) II BARU.docx

Download (1MB)
[img] Text
PRA ISI Susi.docx

Download (79kB)

Abstract

SUSILAWATI. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Murid Kelas VSD Negeri Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Syamsiah D, S. Pd, M. Pd dan Drs. Muslimin, M.Ed pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkat hasil belajar Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran koperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada murid kelas V SD Negeri Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar?. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran koperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada murid kelas V SD Negeri Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan murid kelas V SD Negeri Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar sebanyak 33 murid yang terdiri dari dan 17 murid laki-laki 16 murid perempuan dan satu guru. Fokus penelitian ini adalah Model pembelajaran koperatif Tipe Student Team Achivement Division STAD dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, baik pada aktivitas guru dan murid maupun hasil tes Bahasa Indonesia pada murid kelas V. Peningkatan itu dapat dilihat dari siklus I untuk aktivitas mengajar guru dari kategori sedang meningkat menjadi kategori sangat tinggi pada siklus II dan untuk aktivitas belajar murid dari kategori sedang di siklus I meningkat menjadi sangat tinggi pada siklus II. Sedangkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada murid kelas V pada siklus I berada pada kategori rendah dan pada siklus II hasil belajar murid telah mencapai KKM yang telah ditentukan dan berada pada kategori tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran koperatif tipe STAD pada murid kelas V SD Negeri Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Nov 2023 08:06
Last Modified: 15 Nov 2023 08:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34626

Actions (login required)

View Item View Item