PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PANNARA KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR

ICHWAN (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PANNARA KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1 HALAMAN DEPAN.docx

Download (60kB)
[img] Text
2 BAB I-IV.docx

Download (95kB)
[img] Text
3 LAMPIRAN.docx

Download (1MB)

Abstract

Ichwan 2013 Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pannara Kecamatan Manggala Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd, M.Pd dan Drs. Muslimin, M.Ed . Pada Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Pannara Kecamatan Manggala Kota Makassar ?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SD Negeri Pannara Kecamatan Manggala Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri Pannara Kecamatan Manggala Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis deskriptif Kesimpulan hasil penelitian yaitu dari data hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami perbaikan dari setiap siklus yakni pada siklus I aktivitas mengajar guru masuk pada kategori kurang dan mengalami perbaikan pada siklus II masuk pada kategori sangat baik. Untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I masuk pada kategori kurang dan mengalami perbaikan pada siklus II masuk pada kategori baik. Hal ini menunjukkan pada hasil belajar siswa pada siklus I masuk pada kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II masuk pada kategori sangat baik. Berarti penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran IPA dapat meningkat hasil belajar siswa IV SD Negeri Pannara Kecamatan Manggala kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:47
Last Modified: 15 Nov 2023 07:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34625

Actions (login required)

View Item View Item