PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS V SD INPRES 3/77BULU TANAH KECAMATAN KAJUARA KABUPATEN BONE

MUH. IKHSAN ISKANDAR (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS V SD INPRES 3/77BULU TANAH KECAMATAN KAJUARA KABUPATEN BONE.

[img] Text
Halaman Sampul 1.docx

Download (21kB)
[img] Text
halaman sampul kedua.docx

Download (53kB)
[img] Text
skripsi.docx

Download (2MB)

Abstract

Muh. Ikhsan Iskandar. 2013. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas V SD Inpres 3/77 Bulu Tanah Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Amir, M.Pd dan Andi Dewi Riang Tati, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres 3/77 Bulu Tanah Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas V SD Inpres 3/77 Bulu Tanah Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I berada pada kategori kurang (K) dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Inpres 3/77 Bulu Tanah Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:10
Last Modified: 15 Nov 2023 07:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34614

Actions (login required)

View Item View Item