PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT )PADA SISWA KELAS V SD INPRES PA’BAENG-BAENG 1 KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

M. RIZAL (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT )PADA SISWA KELAS V SD INPRES PA’BAENG-BAENG 1 KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (34kB)
[img] Text
1 HALAMAN DEPAN.docx

Download (71kB)
[img] Text
2 BAB I-IV.docx

Download (91kB)

Abstract

M. RIZAL, 2013. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas V SD Inpres Pa’ baeng-baeng 1 Kecamatan Tamalate Kota Makassar”. Skripsi, Di Bimbing oleh: Dr. Andi Makkasau M.Si, dan Dr. Wahira M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan fokus penelitian yaitu penerapan model pembelajarn NHT dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimanakah Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas V SD Inpres Pa’ baeng-baeng 1 Kecamatan Tamalate Kota Makassar?” yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas V SD Inpres Pa’baeng-baeng I Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berdaur ulang siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Pa’baeng-baeng I Kecamatan Tamalate Kota Makassar dengan jumlah siswa 29 orang. Fokus penelitian ini adalah Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif yaitu: (1) pada siklus I dari segi proses mengajar guru dan proses belajar siswa belum mencapai keterlaksanaan NHT yang telah ditentukan dan dari segi hasil, secara klasikal siswa belum mencapai kategori baik yang memenuhi KKM (2) pada siklus II dari segi proses mengajar guru dan proses belajar siswa telah mencapai keterlaksanaan NHT dengan kategori baik dan dari segi hasil, secara klasikal siswa telah mencapai kategori baik yang memenuhi KKM. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas V SD Inpres Pa’baeng-baeng I Kecamatan Tamalate Kota Makassar, terjadi peningkatan dari segi hasil yaitu secara klasikal siswa telah mencapai KKM dengan kategori baik dan dari segi proses mengajar guru dan belajar siswa telah mencapai keterlaksanaan NHT dengan kategori baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:05
Last Modified: 15 Nov 2023 07:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34613

Actions (login required)

View Item View Item