PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL SURVEY QUESTION READING RECITE REVIEW (SQ3R) DI KELAS V SDN TINDANG KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA

NURVAN (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL SURVEY QUESTION READING RECITE REVIEW (SQ3R) DI KELAS V SDN TINDANG KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL dalam uppank.docx

Download (47kB)
[img] Text
SKRIPSI UPPANK.docx

Download (125kB)

Abstract

Nurvan, 2013. Peningkatan Hasil Belajar Murid Pada Mata pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Survey Question Reading Recite Review (SQ3R) di Kelas V SD Negeri Tindang Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Skripsi. Pembimbing: (I) Dra.Hj. Johara Nonci, M.Si dan (II) Suarlin, S.Pd.,M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam kegiatan membaca pemahaman. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan model SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri Tindang Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar murid pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model SQ3R di Kelas V SD Negeri Tindang Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah model SQ3R dan hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa kelas V SD Negeri Tindang Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan, baik pada aktivitas guru dan murid serta dalam menyelesaikan soal tes formatif pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus hasil belajar murid pada mata pelajaran Bahasa Indonesia mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat setelah diadakan tindakan siklus I hasil belajar murid dalam kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar murid meningkat dengan kategori baik (B) ini artinya sudah mencapai target yang ditentukan. Hasil observasi guru dan murid pada saat proses pembelajaran juga telah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan yakni berada pada kategori baik. Dari paparan data dan pembahasan diperoleh kesimpulan penerapan model Survey Question Reading Recite Review (SQ3R) dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Tindang Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:29
Last Modified: 15 Nov 2023 03:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34611

Actions (login required)

View Item View Item