PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS IVSD INPRES BE’LANG KECAMATAN BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG

ENDAH SURYA NENGSIH (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS IVSD INPRES BE’LANG KECAMATAN BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
Sampul Skripsi.docx

Download (118kB)
[img] Text
skripsix endah Baru editan1.docx

Download (1MB)

Abstract

Endah Surya Nengsih. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Be’lang Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Hasaruddin Hafid, M.Ed dan Hikmawati Usman, S.Pd,. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika melalui metode pemecahan masalah pada siswa kelas IV SD Inpres Be’lang Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui metode Pemecahan masalah pada siswa kelas IV Inpres Be’lang Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode Pemecahan Masalah dan hasil belajar siswa. Dalam kegiatan pelaksanaan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator serta memberikan petunjuk kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I berada pada kategori Cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar siswa berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Pemecahan Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa Kelas IV SD Inpres Be’lang Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:55
Last Modified: 15 Nov 2023 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34608

Actions (login required)

View Item View Item