PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MURID KELAS V SDN MINASA UPA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

NUR’RIHLA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MURID KELAS V SDN MINASA UPA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (38kB)
[img] Text
halaman kecil ondenk.docx

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (25kB)
[img] Text
skripsi perbaikan seminar hasil.docx

Download (2MB)

Abstract

Nur’Rihla, 2013. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation pada Murid Kelas V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof.Dr.H.Amir,M.Pd dan Khaerunnisa,S.Pdi.,MA, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada murid kelas V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada murid kelas V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah hasil belajar murid dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation Subjek penelitian adalah Guru dan Murid kelas V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah Murid 34 orang 19 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Setting penelitin dilakukan di SDN Minsa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makssar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil tes murid. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus, siklus 1 hasil belajar dikategorikan kurang dan pada siklus II hasil belajar siswa telah mencapai KKM yang ditentukan dengan kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:04
Last Modified: 15 Nov 2023 02:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34606

Actions (login required)

View Item View Item