PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS VI SD INPRES BONTONOMPO KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA

EKA RAHMAWATI DEWI IDRIS (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS VI SD INPRES BONTONOMPO KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA.

[img] Text
sampul.docx

Download (97kB)
[img] Text
SKRIPSI Penelitian.doc

Download (3MB)

Abstract

EKA RAHMAWATI DEWI IDRIS, 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Murid kelas VI SD Inpres Bontonompo Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Skripsi dibimbing oleh Dr.Hasaruddin Hafid, M.Ed dan Dra. Amrah, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Inpres Bontonompo Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Adapun rumusan masalah adalah Apakah hasil belajar Matematika dapat meningkat dari pembelajaran jigsaw pada siswa Kelas VI SD Inpres Bontonompo Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa?. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian ini yaitu proses pembelajaran Matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan hasil belajar murid. Adapun yabg menjadi Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SD Inpres Bontonompo Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 10 orang siswa perempuan dan 11 orang siswa laki-laki tahun ajaran 2011/2012. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriftif. Hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yakni berada pada kategori sedang dan pada siklus II hasil belajar siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yakni berada pada kategori tinggi. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya aktivitas guru dan murid yakni pada siklus I aktivitas guru kategori cukup dan siswa kategori cukup. pada siklus II aktifitas guru meningkat dengan kategori baik dan siswa dengan kategori baik. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran Matematika soal cerita di kelas IV SD Inpres Bontonompo Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:01
Last Modified: 14 Nov 2023 07:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34601

Actions (login required)

View Item View Item