PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MURID KELAS V SD NEGERI 7 MATAJANG KABUPATEN BULUKUMBA

ARINI AHMAD (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MURID KELAS V SD NEGERI 7 MATAJANG KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
Halaman sampul kedua.docx

Download (49kB)
[img] Text
asli skripsi ujian tutup arini ahmad, S.Pd.docx

Download (1MB)

Abstract

Arini Ahmad. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Portofolio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Murid Kelas V SD Negeri 7 Matajang Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu. M.Ed. dan Ahmad Syawaluddin, S.Kom,.M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran portofolio kelas V Negeri 7 Matajang Kabupaten Bulukumba. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran portofolio kelas V SD Negeri 7 Matajang Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran portofolio pada murid kelas V SD Negeri 7 Matajang Kabupatenn Bulukumba. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran portofolio dan hasil belajar IPS. Dalam kegiatan pelaksanaan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada setiap siklusnya hasil belajar IPS melalui model pembelajaran portofolio mengalami peningkatan yaitu siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II hasil belajar murid berada pada kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran portofolio dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:46
Last Modified: 14 Nov 2023 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34586

Actions (login required)

View Item View Item