PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KOSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PANGKAJENE KABUPATEN SIDRAP

WIDHA NURAISYAH (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KOSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PANGKAJENE KABUPATEN SIDRAP.

[img] Text
SAMPUL UTAMA.docx

Download (17kB)
[img] Text
Halaman sampul edit.docx

Download (58kB)
[img] Text
skripsi WIDHA EDIT.docx

Download (2MB)

Abstract

Widha Nuraisyah, 2013, Peningkatan Hasil Belajar IPA (Peristiwa Alam) Melalui Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Sidrap. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj.Syamsiah D,S.Pd, M.Pd. dan Drs.Muslimin, M.Ed. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Sidrap. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA siswa Kelas V SD Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Sidrap?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui Pendekatan Konstruktivisme pada siswa kelas V SD Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Sidrap. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus di mana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 50 siswa terdiri dari 23 laki-laki dan 27 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang menghasilkan frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas mengajar guru siklus I dikategorikan cukup dengan presentasi 62,05% dan pada siklus II dikategorikan baik dengan presentasi 83,33%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan kurang dengan presentasi 54,17% dan pada siklus II dikategorikan baik dengan presentasi 91,67 %. Selain itu nilai tes hasil belajar yang dilakukan setiap akhir siklus mengalami peningkatan dimana pada siklus I berada pada kategori kurang dengan presentasi 52 % sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik dengan presentasi 88%. Dengan demikian, penerapan Pendekatan Konstruktivisme pada pembelajaran IPA (Peristiwa Alam) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Sidrap.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Nov 2023 01:53
Last Modified: 14 Nov 2023 01:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34582

Actions (login required)

View Item View Item