PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN BENTENG III KECAMATAN BENTENG KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

NUR HIKMA PATTA (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN BENTENG III KECAMATAN BENTENG KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR.

[img] Text
SAMPUL .docx

Download (36kB)
[img] Text
PRAISI.docx

Download (62kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (1MB)

Abstract

NUR HIKMA PATTA. 2013. Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN Benteng III Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Skripsi. Dibimbing oleh: Dr.Wahira, M.Pd. dan Dra. Hj. Nurhaedah, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Benteng III Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan pendekatan kontekstual berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa di kelas IV SDN Benteng III Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar?. Tujuanpenelitian adalah mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan pendekatan kontekstual berbasis masalah pada siswa kelas IV SDN Benteng III Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual dan hasil belajar IPA. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Benteng III Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa hasil belajar IPA pada siklus I berada pada kategori kurang menjadi kategori baik pada siklus II. Sedangkan pada aktivitas guru dan siswa dari kategori cukup menjadi kategori baik. Dengan demikian penerapan pendekatan kontekstual berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa di kelas IV SDN Benteng III Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:56
Last Modified: 13 Nov 2023 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34580

Actions (login required)

View Item View Item