PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IVSDN 94 BALIMBING KECAMATAN RILAU ALE KABUPATEN BULUKUMBA

IRMAYATI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IVSDN 94 BALIMBING KECAMATAN RILAU ALE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
1. Daftar2 Irmayati.docx

Download (58kB)
[img] Text
2. Bab I III Skripsi Irmayati.docx

Download (69kB)

Abstract

IRMAYATI, 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN 94 Balimbing Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Makkassau, M.Si. dan Nurhaedah, S.Pd. M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengangkat permasalahan rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN 94 Balimbing Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Rumusan masalah apakah hasil belajar matematika dapat ditingkatkan melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas IV SDN 94 Balimbing Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba dapat ditingkatkan Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penggunaan media gambar. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan 2 siklus masing-masing terdiri 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas IV berjumlah 24 siswa terdiri dari 7 perempuan dan 17 laki-laki serta 1 orang guru pada semester I (Ganjil) tahun pelajaran 2010/2011. Fokus penelitian adalah hasil belajar matematika dan penggunaan media gambar. Teknik pengumpulan data melalui test dan observasi dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam mata pelajaran m atematika berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas kelas IV SDN 94 Balimbing Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba dengan skor rata-rata hasil belajar matematika pada Siklus I masuk pada kategori sedang selanjutnya pada Siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa berada pada ketegori tinggi. Aktivitas belajar siswa meningkat dari pelaksanaan siklus I ke siklus II dengan melihat indikator siswa memahami tujuan pengajaran dengan memanfaatkan media gambar, siswa siap menerima pelajaran dengan menggunakan media gambar, siswa menerima penyajian pelajaran dengan memanfaatkan media gambar, siswa dapat menilai, menganalisis, menghayati pelajaran dengan menggunakan media pengajaran, siswa bertanya untuk memahami materi pelajaran dengan memanfaatkan media gambar, dan siswa membuat kesimpulan melalui penggunaan media gambar, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara optimal.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Nov 2023 05:50
Last Modified: 13 Nov 2023 05:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34579

Actions (login required)

View Item View Item