PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 293 INPRES MEBALI KECAMATAN GANDANGBATU SILLANAN KABUPATEN TANA TORAJA

IRMADE IRMA (2023) PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 293 INPRES MEBALI KECAMATAN GANDANGBATU SILLANAN KABUPATEN TANA TORAJA.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (23kB)
[img] Text
Sampul Halaman Depan.docx

Download (70kB)
[img] Text
Bab 1-3.docx

Download (73kB)
[img] Text
Lampiran fix.docx

Download (2MB)

Abstract

IRMADE IRMA, 2013. Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 293 Inpres Mebali Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Wahira, M.Pd. dan Muh. Irfan, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 293 Inpres Mebali Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja?. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 293 Inpres Mebali Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi Fokus penelitian ini adalah penerapan metode inkuiri dan hasil belajar IPA. Setting dan subjek penelitian adalah SD Negeri 293 Inpres Mebali Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja dengan satu orang guru kelas V dan siswa sebanyak 33 orang, yang terdiri dari 19 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar IPA. Peningkatan itu dapat dilihat dari segi aktivitas mengajar guru maupun aktivitas belajar siswa, mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada hasil belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup karena hasil belajar siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) belum memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan kemudian pada siklus II hasil belajar siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan, dengan kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah Peberapan Metode Inkuiri dalam penelitian ini dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 293 Inpres Mebali Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Nov 2023 05:45
Last Modified: 13 Nov 2023 05:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34578

Actions (login required)

View Item View Item