Penerapan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Self Awareness Pada Siswa Di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Addariya DDI Patobong Kabupaten Pinrang . (Bahasa Indonesia)

ALFIAN BAGASKARA (2023) Penerapan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Self Awareness Pada Siswa Di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Addariya DDI Patobong Kabupaten Pinrang . (Bahasa Indonesia).

[img] Text
JURNAL ALFIAN BAGASKARA.pdf

Download (591kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah penerapan teknik role untuk meningkatkan Self Awareness Pada Siswa Di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Addariya DDIPatobong Kabupaten Pinrang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran Self Awareness siswa di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Addariya DDI Patobong Kabupaten Pinrang, (2) Gambaran Self Awareness siswa di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Addariya DDI Patobong KabupatenPinrang, (3) penerapan teknik Role Playing dapat meningkatkan Self Awareness siswa Di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Addariya DDI Patobong Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah true eksperimental. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa tingkatan kelas IX Pondok Pesantren Manbaul Ulum Addariya DDI Patobong Tarowang sebanyak 21 siswa dan sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling sebanyak 12 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan Observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Selama pelaksanaan teknik Role Playing siswa menunjukkan tingkat partisipasi yang sangat tinggi dan tinggi, (2) Tingkat Self Awareness siswa sebelum diberikan teknik Role Playing berada pada kategori sedang (3) Penerapan teknik Role Playing dapat meningkatkan Self Awareness siswa di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Addariya DDI Patobong Kabupaten Pinrang. . Kata Kunci: Role Playing , Self Awareness

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Nov 2023 01:13
Last Modified: 13 Nov 2023 01:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34566

Actions (login required)

View Item View Item