PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER PADASISWA KELAS V SD INPRES PANNARA KOTA MAKASSAR

MUH. TAUFIQ HALIM (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER PADASISWA KELAS V SD INPRES PANNARA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
PRA ISI Piiiiiiii.docx

Download (66kB)
[img] Text
isi.docx

Download (2MB)

Abstract

MUH. TAUFIQ HALIM. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Pada Siswa Kelas V SD Inpres Pannara Kota Makassar.Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd, M.Pd dan Dra. Amrah, S.Pd, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media berbantuan komputer dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Inpres Pannara Kota Makassar ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui penggunaan media berbantuan komputer dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Inpres Pannara Kota Makassar. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Pannara Kota Makassar sebanyak 33 siswa yang terdiri dari 22 putri dan 11 putra dan satu guru. Fokus penelitian ini adalah penggunaan media berbantuan komputer dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran IPS, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil tes IPS pada siswa kelas V . Peningkatan itu dapat dilihat dari siklus I untuk aktivitas mengajar guru dari kategori sedang meningkat menjadi kategori sangat tinggi pada siklus II dan untuk aktivitas belajar siswa dari kategori rendah tetap bertahan pada kategori tinggi di siklus II. Sedangkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II hasil belajar siswa telah mencapai KKM yang telah ditentukan berada pada kategori tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS melalui penggunaan media berbantuan komputer pada siswa kelas V SD Inpres Pannara Kota Makassar SD meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Nov 2023 02:16
Last Modified: 10 Nov 2023 02:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34561

Actions (login required)

View Item View Item