PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 10/73 PADAELO KECAMATAN MARE KABUPATEN BONE

ANDI JUMIATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 10/73 PADAELO KECAMATAN MARE KABUPATEN BONE.

[img] Text
pra isi.docx

Download (70kB)
[img] Text
SKRIPSI ISI UMI.docx

Download (3MB)

Abstract

Andi Jumiati. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Cycle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 10/73 Padaelo Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Makkasau, M.Si. dan Dra. Nurhaedah , M.Si, pada program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres 10/73 Padaelo ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle pada siswa kelas IV SD Inpres 10/73 Padaelo. Pendekatan penelitian adalah deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres 10/73 Padaelo sebanyak 23 siswa yang terdiri dari 11 putri dan 12 putra dan satu guru. Fokus penelitian ini adalah model kooperatif tipe Learning Cycle dan hasil belajar. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran matematika, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil tes matematika pada siswa kelas IV . Peningkatan itu dapat dilihat dari siklus I untuk aktivitas mengajar guru dari kategori cukup meningkat menjadi kategori sangat baik pada siklus II dan untuk aktivitas belajar siswa dari kategori cukup meningkat menjadi kategori baik pada siklus II. Sedangkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV untuk siklus I berada pada kategori sangat kurang dan pada siklus II hasil belajar siswa telah mencapai KKM yang telah ditentukan berada pada kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres 10/73 Padaelo Kecamatan Mare Kabupaten Bone.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Nov 2023 01:38
Last Modified: 10 Nov 2023 01:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34556

Actions (login required)

View Item View Item