Konsep Diri Negatif dan Penanganannya (Studi Kasus Dua Orang Siswa di SMA Negeri 2 Bone)

SURYA ZULFADIANTI (2023) Konsep Diri Negatif dan Penanganannya (Studi Kasus Dua Orang Siswa di SMA Negeri 2 Bone).

[img] Text
Surya Zulfadianti_Artikel Ilmiah Skripsi_1644040026.pdf

Download (846kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu siswa yang Memiliki Konsep Diri Negatif di SMA Negeri 2 Bone. Kajian utama penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Bagaimana gambaran konsep diri negatif yang ditunjukkan oleh siswa di SMA Negeri 2 Bone, (2) Faktor – faktor apa saja yang menyebabkan konsep diri negatif pada siswa di SMA Negeri 2 Bone, (3) Bagaimana upaya penanganan konsep diri negatif pada siswa di SMA Negeri 2 Bone. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Gambaran perilaku Konsep diri Negatif ditunjukkan oleh kasus dimana kasus Sensitif atau peka bila mendapat kritik dari individu lain, Responsif jika mendapat pujian, Tidak bisa menghargai dan mengakui kelebihan orang lain, Selalu merasa kalau orang lain tidak senang terhadap dirinya, Merasa pesimis setiap kali menghadapi suatu kompetisi dengan individu lain. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan perilaku konsep diri negatif pada kasus ialah keyakinan irrasional (Irrational belief), lingkungan keluarga, teman sebaya, dan lingkungan sekolah (3) Upaya penanganan konsep diri negatif pada siswa di SMA Negeri 2 Bone berupa teknik reframing yang diperoleh berdasarkan analisis masalah dan diagnosis terhadap subjek AA dan MF, dan tampak dapat mengatasi konsep diri negatif pada siswa di SMAN 2 Bone. Kata Kunci: Konsep Diri Negatif, Teknik Reframing

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:04
Last Modified: 03 Nov 2023 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34522

Actions (login required)

View Item View Item