PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA MURID KELAS V SDN NO 092 LINDU KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA

LINDA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA MURID KELAS V SDN NO 092 LINDU KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA.

[img] Text
awal.docx

Download (67kB)
[img] Text
bab 1-3.docx

Download (65kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (1MB)

Abstract

Linda. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Murid Kelas V SDN No. 092 Lindu Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi. Dibimbing oleh Drs Muslimin, M.Ed dan Dra. Hj. Komariah Asikin. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan hasil belajar IPA melalui metode eksperimen. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas V SDN No. 092 Lindu Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas V SDN No. 092 Lindu Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas (classroom action research) yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan /tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN No. 092 Lindu Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 23 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan Dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN No. 092 Lindu Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara dengan nilai tes hasil belajar IPA pada siklus I masuk pada kategori cukup, selanjutnya pada siklus II tes hasil belajar IPA meningkat dan berada pada kategori baik. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN No. 092 Lindu Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:58
Last Modified: 26 Oct 2023 02:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34458

Actions (login required)

View Item View Item