PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SDN KIP MACCINI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

KURNIA HARUN DP (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SDN KIP MACCINI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Hal. DepanQ.docx

Download (45kB)
[img] Text
Bab I - III.doc

Download (147kB)
[img] Spreadsheet
5. Hasil Observasi Siswa Kurnia H.xlsx

Download (32kB)
[img] Spreadsheet
6. Hasil Belajar Siswa Kurnia Harun.xls

Download (71kB)

Abstract

KURNIA HARUN DP, 2012. Peningkatan hasil belajar IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas V SDN KIP Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh. Drs. Muslimin, M. Ed.dan Dra. Hj. Komariah AsikinFakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN KIP Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar. Penelitian ini mengangkat masalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN KIP Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran 8-kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN KIP Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V semester satu(ganjil) tahun pelajaran 2011/2012 pada SDN KIP Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar. Jumlah siswa sebanyak 32 siswa (13 laki-laki dan 19 perempuan). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan test, dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pelajaran IPA materi Organ Tubuh Manusia pada siswa kelas V SDN KIP Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar dengan nilai rata-rata hasil belajar IPA pada Siklus I dikategorikan cukup, pada siklus II meningkat yaitu dikategorikan tinggi. Hasil aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori tinggi, sedangkan hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikancukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori tinggi. Kesimpulan terjadi peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN KIP Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:47
Last Modified: 26 Oct 2023 02:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34457

Actions (login required)

View Item View Item