PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 21 MATTABULU KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG

WAHYUNI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 21 MATTABULU KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
uni (B 01).docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (3MB)

Abstract

Wahyuni. 2012. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Negeri 21 Mattabulu Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muh. Faisal, M.Pd. dan Dra. Hj. Marsuha S.,S.Pd, M.Pd; Fakultas Ilmu Pendidikan, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Kelas IV SD Negeri 21 Mattabulu Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 21 Mattabulu Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah seorang guru dan 13 orang siswa kelas IV SD Negeri 21 Matabulu Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan gaya mempengaruhi gerak benda pada siswa kelas IV SD Negeri 21 Mattabulu Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Hal ini terbukti dari hasil siklus I yang belum memenuhi KKM dan berada pada kategori Cukup (C), dan pada siklus II sudah mengalami peningkatan dan telah memenuhi KKM dan berada pada kategori Baik (B). Kesimpulan hasil penelitian yaitu dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 21 Mattabulu Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:07
Last Modified: 26 Oct 2023 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34455

Actions (login required)

View Item View Item