PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICKSISWA KELAS IV SDN KALUARRANG KABUPATEN GOWA

HERIATY HASNI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICKSISWA KELAS IV SDN KALUARRANG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Sampul.docx

Download (66kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (92kB)
[img] Text
Daftar Nilai Siklus I.docx

Download (35kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (11MB)

Abstract

HERIATY HASNI, 2012. “Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Siswa kelas IV SDN Kaluarrang kabupaten Gowa”. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M. Kes dan Dra. Hj. Djohara Nonci, M,Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kaluarrang. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick siswa kelas IV SDN Kaluarrang Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick siswa kelas IV SDN Kaluarrang Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Kaluarrang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dengan menggunakan model analisis mengalir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick siswa kelas IV SDN Kaluarrang Kabupaten Gowa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajarnya dari siklus I ke siklus II, dimana siswa yang tuntas hasil belajarnya pada siklus I dikategorikan kurang dan pada siklus II siswa yang tuntas hasil belajarnya meningkat dengan kategori memuaskan. Selain itu aktivitas guru dan siswa juga meningkat dimana pada siklus I aktivitas guru dan siswa dikategorikan baik dan pada siklus II meningkat dengan kategori memuaskan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:54
Last Modified: 25 Oct 2023 01:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34448

Actions (login required)

View Item View Item