PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN SISWAKELAS V SD INPRES BORONG KAPALAKECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN BANTAENG

D A U D (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN SISWAKELAS V SD INPRES BORONG KAPALAKECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
MOTTO, ABSTRAK, DAFTAR ISI daud.docx

Download (42kB)
[img] Text
skripsi PENELITIAN DAUD edit dua2.docx

Download (163kB)
[img] Text
fakto hasil belajar.docx

Download (18kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP daud.doc

Download (338kB)

Abstract

DAUD. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Eksperimen Siswa Kelas V SD Inpres Borong Kapala Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Nurhaedah, S.Pd.,M.Pd. dan Ahmad Syawaluddin, S.Kom.,M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian adalah apakah melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada sifat-sifat cahaya siswa kelas V SD Inpres Borongkapala Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas V SD Inpres Borong Kapala Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Borong Kapala Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 18 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada sifat-sifat cahaya, pada siklus I belum tuntas dan berada pada kategori kurang namun mengalami peningkatan pada siklus II yaitu hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan dan berada pada kategori baik. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Borong Kapala Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng pada mata pelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya melalui metode Eksperimen.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:32
Last Modified: 25 Oct 2023 01:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34446

Actions (login required)

View Item View Item