PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWAKELAS V SDN 022 INPRES KONDO KABUPATEN MAMASA

SELY (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWAKELAS V SDN 022 INPRES KONDO KABUPATEN MAMASA.

[img] Text
judul.docx

Download (25kB)
[img] Text
SAMPUL SKRIPSI SELY BARU.docx

Download (73kB)
[img] Text
SKRIPSI SELY.rtf

Download (20MB)

Abstract

Sely, 2011. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Pada Siswa Kelas V SDN 022 Inpres Kondo Kabupaten Mamasa. Skipsi. Dibimbing oleh Dra.Amrah, S.Pd, M.Pd dan Drs.Muslimin, M.Ed selaku pembimbing I dan II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 022 Inpres Kondo Kabupaten Mamasa, hal ini disebabkan karena guru hanya menyajikan pelajaran dengan metode ceramah dan tidak memberikan kesempatan kepada siswa bekerjasama dalam kelompok untuk mendiskusikan materi yang dipelajari akibatnya hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 022 Inpres Kondo Kabupaten Mamasa”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN 022 Inpres Kondo Kabupaten Mamasa. Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan penelitian tindakan kelas yang diadakan pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 dengan subjek Penelitian berjumlah 18 orang siswa, yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yaitu siklus I dan II. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini yaitu pada akhir siklus I diperoleh nilai dari kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi baik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:09
Last Modified: 25 Oct 2023 01:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34444

Actions (login required)

View Item View Item