PENINGKATAN HASIL KETERAMPILAN MENGARANGMELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSESPADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SINJAI KABUPATEN SINJAI

BAMBANG ARDIANSYAH (2023) PENINGKATAN HASIL KETERAMPILAN MENGARANGMELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSESPADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SINJAI KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
MAU DI PRINT SAMPUL SKRIPSI BAMBANG ARDIANSYAH - Copy.docx

Download (27kB)
[img] Text
MAU DI PRINT KATA PENGANTAR & DAFTAR ISI BAMBANG ARDIANSYAH.docx

Download (57kB)
[img] Text
MAU DI PRINT SKRIPSI BAMBANG ARDIANSYAH - Copy.doc

Download (2MB)

Abstract

Bambang Ardiansyah. 2012. Peningkatan Hasil Keterampilan Mengarang Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sinjai Kabupaten Sinjai. Skripsi. Di bimbing oleh Dra. Hj. Johara Nonci, M.Si dan Drs. Muh. Faisal, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Ide awal penelitian ini yaitu rendahnya hasil keterampilan mengarang pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sinjai Kabupaten Sinjai, dimana nilai rata-rata hasil ujian semester ganjil Tahun Pelajaran 2010/2011 adalah 55 sedangkan standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 65. Hal ini disebabkan oleh 2 (dua) faktor, yaitu dari segi guru dan siswa. Dimana guru masih menggunakan pembelajaran yang bersifat konvensional dan penggunaan model atau metode pembelajaran yang tidak bervariasi. Sedangkan dari segi siswa, yaitu kurangnya perhatian terhadap penjelasan guru, kurangnya daya serap siswa terhadap materi pelajaran Bahasa Indonesia utamanya dalam keterampilan mengarang dan kurang aktif dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sinjai Kabupaten Sinjai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas V SD Negeri 1 Sinjai Kabupaten Sinjai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis kuantitatif hasil menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Subjeknya adalah Guru dan siswa kelas V di SD Negeri 1 Sinjai Kabupaten Sinjai yang berjumlah 20 orang sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa terjadi peningkatan hasil mengarang siswa pada siklus I masuk pada kategori kurang, selanjutnya pada siklus II hasil mengarang siswa meningkat dan berada pada kategori sangat baik. Selanjutnya hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori kurang kemudian pada siklus II berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil mengarang pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sinjai Kabupaten Sinjai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:18
Last Modified: 24 Oct 2023 02:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34437

Actions (login required)

View Item View Item