PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID KELAS V SD NEGERI 4 LAWAWOI DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TYPE TALKING STICK DI KECAMATAN WATANG PULU KABUPATEN SIDRAP

NURHAYA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID KELAS V SD NEGERI 4 LAWAWOI DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TYPE TALKING STICK DI KECAMATAN WATANG PULU KABUPATEN SIDRAP.

[img] Text
sampul skripsi yaya.docx

Download (45kB)
[img] Text
Skripsi Yaya.docx

Download (1MB)

Abstract

Nurhaya. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Murid Kelas V SD Negeri 4 Lawawoi dalam Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Koperatif Type Talking Stick di Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidrap. Skripsi: Pembimbing Dra. Hj. Djohara Nonci, M. Si dan Drs. Muh. Faisal, M. Pd pada Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar murid yang masih rendah yang belum mencapai standar KKM. Rumusan penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Koperatif Type Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas V SDN 4 Lawawoi di Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidrap. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar murid kelas V SD Negeri 4 Lawawoi dalam mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Koperatif Type Talking Stick di Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidrap. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah satu orang guru dan dua puluh satu murid yang terdiri dari laki-laki sebanyak sepuluh orang dan perempuan sebanyak sebelas orang pada kelas V SDN 4 Lawawoi Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidrap. Focus penelitian adalah hasil belajar, guru, dan murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi,. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskrisi kualitatif dan analisis deskripsi kuantitatif. Nilai hasil belajar murid pada pelajaran IPS pada siklus I berada pada kategori sedang, dan nilai hasil belajar murid pada siklus II berada pada kategori tinggi. Aktivitas guru dan murid dalam pembelajaran pada siklus I belum tercapai sesuai standar ketuntasan yang diingikan sedangkan pada siklus II aktivias guru dan murid dalam pembelajaran sudah memenuhi standar ketuntasan yang diingikan. Dari temuan penelitian dan pemberian tindakan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Koperatif Type Talking Stick, hasil belajar IPS pada murid kelas V SDN 4 Lawawoi Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidrap meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:09
Last Modified: 24 Oct 2023 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34436

Actions (login required)

View Item View Item