PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA SISWA KELAS IV SD INPRES TAMARUNANGKEC. SOMBA OPU KAB. GOWA

KIKI AMALIA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA SISWA KELAS IV SD INPRES TAMARUNANGKEC. SOMBA OPU KAB. GOWA.

[img] Text
sampuL ttp.docx

Download (100kB)
[img] Text
ABSTRAK KIKI ttp.docx

Download (43kB)
[img] Text
SKRIPSI KIKI 2.docx

Download (751kB)

Abstract

Kiki Amalia, 2011. “ Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Students Teams Achievement Divisions) Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Tamarunang Kec. Somba Opu Kab. Gowa”.Skripsi:dibimbing Dra. Hj. Syamsiah D., S.Pd., M.Pd dan Drs. Andi Makkasau, M.Si., Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres Tamarunang Kec. Somba Opu Kab. Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas IV SD Inpres Tamarunang Kec. Somba Opu Kab. Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Tamarunang Kec. Somba Opu Kab. Gowa tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 30 orang. Fokus penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi serta dianalisis secara kualitatif deskriptif. Data hasil pencapaian nilai tersebut diperoleh bahwa pada siklus I masuk pada kategori “sedang”, selanjutnya pada siklus II hasil pencapaian nilai meningkat dan masuk pada kategori “tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres Tamarunang Kec. Somba Opu Kab. Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:28
Last Modified: 23 Oct 2023 02:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34430

Actions (login required)

View Item View Item