PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PECAHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MURID KELAS IV SD NEGERI 76 KASAMBI KABUPATEN ENREKANG

ROSDIANA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PECAHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MURID KELAS IV SD NEGERI 76 KASAMBI KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.doc

Download (56kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx

Download (13kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (22kB)
[img] Text
PRA KATA.docx

Download (19kB)
[img] Text
SKRIPSI ALA DIANA DONK.docx

Download (104kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (110kB)

Abstract

ROSDIANA, 2011. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Pecahan Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Murid Kelas IV SD Negeri 76 Kasambi Kabupaten Enrekang. Dibimbing oleh Drs. Muslimin M.Pd dan Dra. Hj komariah Ashikin. Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar murid tentang pecahan di kelas IV SD Negeri 76 Kasambi Kabupaten Enrekang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar pecahan di kelas IV SD Negeri 76 Kasambi Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus, yaitu meliputi perencanaan, Tindakan, observasis / pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas IV SD Negeri 76 Kasambi Kabupaten Enrekang yang aktif terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah murid 26 orang, yang terdiri atas 10 laki-laki dan 16 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yaitu: (1) Hasil belajar matematika dapat meningkat melalui pendekatan matematika realistik pada murid kelas IV SDN 76 Kasambi Kabupaten Enrekang pada siklus I, hasil belajar murid tentang materi pecahan pada kategori baik tetapi belum mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan, kemudian meningkat menjadi kategori baik sekali pada siklus kedua dan telah mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan, dan (2) proses pembelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik di kelas IV SD Negeri 76 Kasambi Kabupaten Enrekang dilakukan dengan terlebih dahulu menjelaaskan materi pelajaran dan memperkenalkan masalah kontekstual kepada murid berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, menjelaskan materi pecahan disertai contoh yang konkrit, meminta murid mengerjakan tugas tentang pecahan baik secara indivudu maupun kelompok dengan menggunakan benda-benda nyata yang ada dalam kehidupan sehari-hari untuk memudahkan murid dalam memahami pecahan, tanya jawab tentang materi pecahan, kemudian menyimpulkan materi pecahan.dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan pecahan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar murid dikelas IV SDN 76 Kasambi Kabupaten Enrekang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:14
Last Modified: 23 Oct 2023 02:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34429

Actions (login required)

View Item View Item