PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWAKELAS V SD INPRES BERTINGKAT BARA-BARAYA MAKASSAR

HASRIANI HASBULLAH (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWAKELAS V SD INPRES BERTINGKAT BARA-BARAYA MAKASSAR.

[img] Text
sampul skripsi YANI.docx

Download (44kB)
[img] Text
skripsi YANI.docx

Download (1MB)

Abstract

Hasriani Hasbullah. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas V SD Inpres Bertingkat Bara-Baraya Makassar. Skripsi: Pembimbing Dra. Nurhaedah, M. Si dan Dr. Hasaruddin Hafid, M. Ed Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Bara-Baraya Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Bara-Baraya Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Bara-Baraya Makassar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan fokus penelitian adalah pendekatan matematika realistik, dan hasil belajar siswa, subjek penelitian adalah satu orang guru dan seluruh siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Bara-Baraya Makassar, yang berjumlah tiga puluh delapan orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar matematika yang diperoleh pada siklus I masih berada pada kategori sedang sedangkan hasil belajar matematika yang diperoleh pada siklus II meningkat hasil belajar matematika yaitu berada pada kategori tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan matematika realistik, dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Bara-Baraya Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Oct 2023 01:26
Last Modified: 23 Oct 2023 01:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34425

Actions (login required)

View Item View Item